Jasa Pengiriman Barang Cargo Udara Port to Port : Definisi dan Cara Pengambilan Barang

Dalam dunia globalisasi yang terus berkembang, pengiriman barang melalui jalur udara menjadi pilihan utama bagi perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam perdagangan internasional. Hal ini dikarenakan pengiriman barang akan jauh lebih cepat atau lebih efisien walaupun memang harganya sendiri menjadi lebih mahal jika dibandingkan saat menggunakan moda kapal laut.

Jasa pengiriman menggunakan udara sendiri biasanya menggunakan metode Port to Port atau ada juga yang menyebutnya Airport to Airport. Jasa pengiriman ini sendiri dapat digunakan oleh hampir semua skala pelaku bisnis, mau itu bisnis retail, UMKM, unit bisnis yang tidak punya jasa pengiriman logistik hingga usaha besar. Jadi, bisa dibilang jasa ini cukup fleksibel dan dapat digunakan sesuai dengan preferensi pelaku usaha.

Tapi, apa sih jasa pengiriman barang cargo udara Port to Port ini? Dan bagaimanakah cara mengambil barang yang sudah sampai di tujuan? Nah, untuk membantu kalian kami sudah merangkum beberapa informasi menarik untuk kalian. Yuk, bahas!

Apa itu Jasa Pengiriman Barang Cargo Udara Port to Port?

Jasa Pengiriman Barang Cargo Udara Port to Port adalah suatu layanan logistik yang menyediakan pengangkutan barang dari satu pelabuhan udara atau bandara ke pelabuhan udara lainnya. Istilah “Port to Port” mengacu pada perjalanan barang dari titik keberangkatan di pelabuhan udara asal hingga sampai di pelabuhan udara tujuan.

Dalam konteks ini, metode transportasi yang digunakan adalah udara yang biasanya melibatkan penerbangan kargo untuk mengirimkan barang dengan cepat dan efisien. Proses Jasa Pengiriman Barang Cargo Udara Port to Port dimulai dari pelabuhan udara asal, di mana barang-barang yang akan dikirimkan disiapkan, diproses, dan diatur untuk penerbangan kargo.

Setelah itu, barang-barang tersebut diangkut melalui pesawat kargo ke pelabuhan udara tujuan, di mana proses pengeluaran dan pengambilan barang oleh penerima dilakukan. Layanan ini sangat efektif dalam memfasilitasi perdagangan internasional dan memungkinkan perusahaan untuk mengirimkan barang dengan cepat dan tepat waktu melalui jalur udara.

Dan setelah itu kalian dapat melanjutkan pengiriman barang dengan menggunakan jasa trucking port to port jika ingin melanjutkan pengiriman cargo ke bandara lain atau pelabuhan lainnya. Atau juga bisa menggunakan jasa trucking Port to Door Consignee jika ingin mengirim barang tersebut langsung ke tujuan entah itu ke rumah, kantor atau bulk cargo warehouse atau gudang.

Cara Mengambil Barang

Perlu diingat jika kalian menggunakan jasa pengiriman cargo via udara Port to Port kalian harus mengantarkan barang tersebut sendiri. Entah itu kalian menggunakan kendaraan pribadi atau kalian menggunakan jasa jika memang barang terlalu banyak. Misalnya saja dengan menggunakan jasa trucking Port to Port yang memang menjadi salah satu pilihan yang cukup populer. Setelah barang sampai, maka petugas akan melakukan penimbangan, pemeriksaan dan melakukan packing lebih lanjut untuk memastikan barang yang dikirim tetap aman selama perjalanan.

Setelah semua selesai maka kalian selaku pengirim diharuskan untuk mengisi SMU dan menunggu Air Way Bill dicetak. Setelah Air Way Bill ini selesai dicetak, maka akan diperiksa oleh Pabean untuk memastikan jika barang kalian layak untuk dikirim atau tidak. Dan jika layak, maka barang tersebut akan langsung dimasukan ke bagasi pesawat dan dikirimkan ke bandara tujuan.

Nah, untuk waktu sampai dapat bervariasi tergantung tujuan kalian namun biasanya kalian akan mendapatkan Notice Arrival jika barang kalian sudah sampai di bandara tujuan. Setelah sampai, kalian langsung dapat mengambil barang tersebut dengan membawa nomor Air Way Bill serta SMU ke kantor bagian cargo Bandara.

Setelah itu kalian langsung ke kantor Pabean untuk mendapatkan persetujuan pengeluaran barang yang mana akan diperiksa terlebih dahulu. Setelah semua administrasi selesai barulah barang milik kalian dapat diambil. Pengambilan barang ini terkadang memang cukup ribet dengan berbagai administrasi yang harus kalian penuhi.

Oleh sebab itu ada cukup banyak orang atau perusahaan yang lebih memilih jasa trucking Port to Port hal ini karena akan membantu kalian untuk mengurus birokrasi dan juga administrasi. Hal ini tentu saja akan membuat waktu kalian menjadi lebih efisien dan kalian dapat melakukan hal-hal lain yang tidak kalah pentingnya.