Jenis Trucking Container Berdasarkan Kapasitas, Ukuran dan Volume

Dalam jantung industri logistik global, trucking container memainkan peran krusial dalam memperlancar aliran barang dari satu titik ke titik lainnya. Kehadirannya yang tak tergantikan menjadi tulang punggung sistem distribusi modern, memungkinkan perusahaan untuk menjalankan operasi mereka dengan lebih efisien.

Meski demikian, kompleksitas dan keragaman tugas pengiriman yang dihadapi oleh industri ini memerlukan berbagai jenis trucking container. Yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus berdasarkan kapasitas, ukuran, dan volume barang yang diangkut. Dan pada ulasan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis trucking container berdasarkan kapasitas, ukuran hingga volume.

Yuk, kita bahas!

Berdasarkan Kapasitas

Container Standar atau yang Berukuran 20”ft dan juga 40”ft

Dalam dunia logistik yang terus berkembang, trucking container menjadi elemen integral dalam proses pengiriman barang. Salah satu klasifikasi utama yang memandu pemilihan jenis container adalah berdasarkan kapasitas, ukuran, dan volume yang dimiliki.

Di antara berbagai opsi yang tersedia, container standar dengan ukuran 20″ft dan 40″ft muncul sebagai pilihan yang paling umum digunakan. Container 20″ft, dengan kapasitas sekitar 33 kubik meter, sering menjadi pilihan untuk pengiriman barang dalam skala yang lebih kecil.

Sementara container 40″ft, dengan kapasitas hingga 67 kubik meter, menyediakan ruang yang lebih luas untuk muatan yang lebih besar. Kedua jenis container ini menjadi tulang punggung transportasi barang global karena fleksibilitas mereka dalam menangani berbagai jenis produk.

High Cube Container

High Cube Container, dengan ketinggian tambahan dibandingkan dengan standar, menawarkan solusi ruang vertikal yang lebih besar. Sehingga, untuk barang-barang yang memerlukan ruang tambahan, seperti produk dengan dimensi yang lebih tinggi membuat High Cube Container menjadi pilihan yang optimal.

Kehadirannya memungkinkan pengangkutan barang dengan efisiensi maksimal, sesuai dengan kebutuhan logistik yang terus berkembang di kota maju seperti Palembang misalnya.

Open Top Container

Ketika membahas berbagai jenis trucking container berdasarkan kapasitas, salah satu opsi yang menonjol adalah Open Top Container. Open Top Container dirancang tanpa atap tetap, memberikan solusi yang unik untuk pengiriman barang yang memerlukan pemuatan dan pembongkaran dari atas.

Open Top Container menjadi pilihan utama untuk barang-barang yang memiliki dimensi yang tidak biasa atau muatan yang memerlukan penanganan khusus. Barang-barang seperti mesin industri besar, material konstruksi panjang, atau barang dengan bentuk tidak teratur dapat dengan mudah dimuat dan dibongkar melalui bagian atas, memaksimalkan efisiensi proses logistik.

Kelebihan utama dari Open Top Container adalah fleksibilitasnya dalam menanggapi kebutuhan pengiriman yang tidak dapat diakomodasi dengan mudah oleh jenis trucking container lain.

Berdasarkan Ukuran

Flatbed Container

Flatbed Container menjadi pilihan utama untuk mengangkut barang-barang yang tidak dapat muat di dalam kontainer standar atau yang memiliki bentuk yang kompleks. Material konstruksi, kayu panjang, atau peralatan industri berukuran besar seringkali diangkut dengan menggunakan flatbed container.

Karena kemampuannya untuk memberikan akses mudah saat memuat dan membongkar barang dari sisi atas dan samping. Keunggulan utama dari flatbed container adalah kemampuannya untuk menangani muatan yang melampaui batasan dimensi dan memberikan fleksibilitas ekstra dalam proses pengiriman.

Refrigerated Container

Jenis trucking container ini dirancang khusus dengan sistem pendingin terintegrasi untuk menjaga suhu di dalamnya. Menjadikannya solusi yang ideal untuk pengangkutan produk-produk yang memerlukan suhu rendah atau tinggi yang terkendali.

Reefer Container membuka pintu bagi industri makanan dan minuman, farmasi, serta sektor-sektor lain yang bergantung pada pemeliharaan suhu yang tepat selama pengiriman. Produk-produk yang mudah terpengaruh oleh perubahan suhu, seperti buah-buahan, sayuran segar, atau obat-obatan, dapat diangkut dengan aman dan efisien menggunakan Refrigerated Container.

Berdasarkan Volume

Tank Container

Dibandingkan dengan trucking container konvensional, Tank Container menawarkan solusi yang aman dan efisien untuk mengangkut cairan dalam jumlah besar. Tank Container memiliki desain silinder yang hermetis, memastikan keamanan dan keberlanjutan selama pengiriman barang berbahaya.

Sistem khusus untuk memuat dan membongkar muatan cair membuatnya lebih efisien dibandingkan dengan metode tradisional. Dengan kapasitas yang bervariasi, Tank Container dapat menampung berbagai volume cairan memberikan fleksibilitas yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan transportasi barang cair dalam berbagai sektor industri.

Keunggulan utama dari jenis trucking container ini adalah kemampuannya untuk mengangkut muatan cair dengan aman melalui berbagai moda transportasi.

Half Height Container

Dirancang khusus untuk mengakomodasi muatan yang berat dan berdimensi besar, Half Height Container menawarkan keunggulan tambahan dengan memfasilitasi pemuatan dan pembongkaran barang yang lebih mudah.

Half Height Container, seperti namanya, memiliki tinggi setengah dari kontainer standar, memungkinkan muatan yang lebih tinggi atau berat untuk diangkut dengan stabil dan aman. Jenis trucking container ini seringkali digunakan untuk mengangkut material-material seperti batu, bijih, atau beban berat lainnya.

Keberhasilannya terletak pada kemampuannya untuk mengoptimalkan ruang dengan mempertahankan stabilitas muatan. Sehingga menjadi pilihan utama dalam industri pertambangan, konstruksi, dan proyek-proyek besar lainnya.